Monday, May 20, 2013

Menggoreskan Lembaran- Lembaran KKN



        Tertulis kisah ini sebenarnya baru beberapa menit yang lalu ketika ku membuka buku wajah yang nama keren nya facebook. tau kan facebook ?? masak gak tau anak SD aja tau, kalo kamu belum tau tu nama nya kamu KUDATE ^_^. awal obrolan kami biasa hingga akhirnya ia tanya nama loe blog.....

 
??
 
dk tampil yo?
 
idag hon. emg apa?
 
emotikon baru tu lg ngelambaike tangan
 
ouhya,dirimu boleh buka wall vi,backgroundnya berubah gak??
vi ol di laptop hon
 
hehehe........... io ampera semalem yo
 
bukaann. berubah gak hon/atau kayak biasa??
 
hehehe... io e ngado2 aku
berubah
kn sdh drubah
 
maksud vi,background fb vi hon
 
hahaha.......... ooo.. idk
kayak biaso
 
kalo tweeter???
 
lg dk buka, nie lg ngeblog ;D
 
ooooo
ouhhhiya nama bllog dirimu apa??
 
lum buat blog
bewww kereenn blognya
pengeeeennn
kisah kt KKN gda yaaaa
coba kalo ada
 
oooo..... kok dk kefikiran e...
boleh2...
 
byk ntu cerita2 saat itu
vi pengen baca pemikiran seorang ria
 
OOOOOOOOO................
baiklah kalo begitu

            
       Dia Novi Harnita sahabat yang ku kenal ketika aku masih menyandang status mahasiswi di sebuah universitas swasta tepatnya ibukota provinsi SUMSEL yang lumayan jauh dari kota kelahiranku. sudah menjadi hal yang rutin dan wajid setiap mahasiswa dan mahasiswi yang sudah memenuhi syarat mengikuti program KKN. KKN adalah singkatan tapi zaman sekarang ini sudah banyak singkatan yang membuat salah kepanjangan ^_^. KKN disini kepanjangannya Kuliah Kerja Nyata. #Mereply ingatan masa lalu waktu menjelang KKN kalo diinget lagi jadi kangen dengan masa itu. Hore saat yang di tunggu-tunggu akhir nya tiba dimana setiap mahasiswa mempersibukkan diri dan menyiapkan diri mulai dari pembagian posko maupun penempatan lokasi akhirnya terbagilah kami kedalam posko 114 yang beranggotakan 13 orang. laki-laki 5 orang (heri hawer,heri octab,faisal,kaman dan heru yudho) sedangkan wanita 8 orang (Dian,Dwi,Reni,Ira,Sri,Novi,Deris serta aku sendiri Ria)
disatu kelompok ada berbagai karakter yang harus kupahami 3 karakter sudah ku pahami yang tidak lain teman sejurusan ku dan sudah kuanggap teman seperjuangan sri,ira dan reni. sedangkan sisa nya masih menjadi PR ku. 

       
         PR pemahaman karakterpun dimulai,selama 40 hari kami dipersatukan dalam jalinan satu keluarga yang berbaur dengan kehidupan bermasyarakat. Perjalanan dan kisah KKN pun dimulai setelah pembekalan beberapa hari sebelumnya, kami berangkat menuju sebuah desa yang namanya desa Benawa kec Teluk Gelam jam 7 pagi berkumpul di parkiran kampus guna upacara pemberangkatan yang dilakukan oleh pihak kampus. semua telah siap dan sudah ditempat duduk masing- masing bus pun berangkat menuju desa yang dimaksud dengan menempuh perjalanan lebih kurang 4 jam. tibalah kami disebuah desa yang jauh dari keramaian dimana dalam fikiranku desa yang masih ketinggalan mandi, BAB, cuci piring serta nyuci baju masih disungai. #ahahahaha......... untunglah itu hanya fikiranku saja. semua nya kebalikan apa yang kufikirkan. syukurlah......... ^_^.

      Setibanya disana kami disambut dengan hangat oleh ibu RT sekaligus ibu asuh kami selama kami berada disana bukan hanya sambutan dari ibu RT dan pak RT nya tetapi seluruh warga didesa itu menyambut dan menerima kedatangan kami dengan baik. dirumah ketua RT itu kami seperti mendapatkan ayah, ibu, adik sekaligus keluarga baru. fasilitas yang kami butuhkan sangat lengkap bahkan fasilitas hiburan mulai dari TV yang kata nya desa tetapi tak kalah dengan yang ada dikota juga kendaraan pribadi pun kami boleh memakai nya. kami KKN memang di desa namanya tapi ini sudah selayak nya disebut pinggiran kota jika semua nya sudah lengkap dan maju.

     Tugas kami KKN adalah belajar bermasyarakat yang diharapkan jikalau nanti sudah terjun kemasyarakat kami sudah terbiasa. KKN ini dimulai dengan perkenalan kepada warga didesa tersebut disanalah kami mulai belajar bekerjasama mempersiapkan setidak nya makanan ringan guna untuk teman minum warga serta tokoh masyarakat dan tokoh agama didesa itu yang kami undang. hingga kami memperkenal kan diri satu persatu dan menjelaskan maksud dan tujuan kami datang kedesa tersebut guna untuk bisa diterima, dibimbing serta diikutsertakan dalam kegiatan masyarakat tersebut selama kami belada disana.

    Selain belajar bermasyarakat kami juga belajar bekerjasama bertahan hidup dirumah orang dengan membagi tugas didalam rumah itu mulai dari masak dan membersihkan rumah. hingga kami pun hampir tiap malam melakukan briefing kadang sampai jam 12 malam yang mana mata sudah sangat dipaksakan belum lagi harus memberikan pendapat untuk menemukan kecocokan tujuan malah kadang menimbulkan percekcokan yang menambah panjang daftar masalah. waktu briefingpun kadang harus ditambah oleh karena mempertahankan idealisnya.sedangkan harus bangun jam 5 pagi selambat-lambat nya.

     Banyak kisah yang ingin ku goreskan dilembaran KKN ini mulai dari nahan laper, jalan-jalan,percekcokan,kebersamaan, curi-curi perhatian, kegilaan, bergaul dengan warga, berkreasi, membangkitkan kembali karang taruna desa tersebut, mengaji, berkebun, mengajar, bahkan kisah percintaanpun terlukis dilembaran KKN ini. kalo mau diceritakan secara detail mungkin bisa berbulan-bulan bahkan aku gak terlalu ingat lagi maklum sudah sekitar 3 tahun berlalu. Pertama kisah nahan laper sampe salah satu sahabatku Deris yang bisa dikatakan orang lembut yang gak bisa kerja terlalu capek dan juga daya tahan tubuh nya yang gak terlalu kuat. Entah kenapa malam itu ada warga yang datang bertamu sekaligus berobat yang mengobrol sampe jam 10 malam padahal sejak dari sore alhasil kami pun menahan laper sampe menunggu si warga itu pun pulang sebenarnya sudah di ajak makan bersama tapi berhubung ibu RT nya belum mau makan akhirnya kami pun rela menahan laper sampe segala macam penyakit pun timbul mulai dari perut perih, masuk angin sampe yang sudah merambat parah sakit maag#bodoh kalo inget dulu......

        Percekcokan, jalan-jalan, curi-curi perhatian,kisah percintaan merupakan kisah kedua yang tercipta di posko kami. Mungkin sudah bukan menjadi rahasia lagi selama kebersamaan menjalani KKN ini akan tumbuh curi-curi perhatian bahkan kisah percintaan antara kami. ya.....dian dan heri hawer sempat membuktikan judul sinetron KKN I'm in love yang katanya cuma fiktif belaka akhir nya terbukti mereka sempat meretas benih-benih asmara yang sayang nya berakhir tepat ketika KKN pun berakhir. curi-curi perhatian, emang diakui emang kalo yang nama nya laki-laki seneng cari perhatian demi memikat sang wanita berhubung ada yang lagi berstatus jomblo berbagai carapun dilakukan bahkan sudah sangat keterlaluan dan ojokan rela ngerjain pekerjaan cewek yaitu cuci piring demi mendapat simpati. Percekcokan (dwi,faisal,heru,dian,ira) yang didasari atas dasar mempertahankan pendapat layak nya dalam sebuah debat dengan judul " Jangan mainke" hehehehe..... gara-gara gengsi satu sama lain tepat nya antar kaum laki-laki dan kaum perempuan kami pun sepakat jalan-jalan tanpa tujuan karena kaum laki-laki tak mau menemani kami merefresh fikiran yang sudah tumpul dari datang kedesa itu hingga hari ke 20 belum pernah menikmati suasana yang berbeda dengan jalan-jalan keluar sebentar dari desa tersebut dan akhir nya kami pun disusul hingga kaum salah satu dari kaum laki-laki pun memutar sebuah mobil walaupun cuma pinjam akhirnya kami jalan-jalan mengelilingi posko-posko yang lain.

        Kebersamaan, kegilaan, berkreasi, mengaji,mengajar,berkebun dan membangkitkan kembali karang taruna serta perisahan merupakan goresan terakhir dari lembaran-lembaran KKN ini. kebersamaan selalu kami rasakan dalam setiapkegiatan kami, kalo pagi jadwal nya memasak bagi yang putri dan membersihkan rumah bagi yang putra udah wajib dilakuin jangan bantah. terus dilanjut  mengajar bagi yang gak ada jadwal nya putar haluan berkebun dengan setiap sudut dan sejauh mata memandang dikelilingi pohon duku yang luar biasa lebatnya. jadi gak ada waktu untuk bemalas-malasan. sore juga dibagi dua tim ada yang membangkitkan lagi kegemaran warga dengan berolahraga voli yang menuntut kami tidak bisa absen dari kegiatan tersebut setiap sorenya. selain itu mengaji juga wajib dalam islam wajib juga dilakuin sebagai bukti kalo kami memang mahasiwa serba bisa dan bermanfaat dimasyarakat dengan membantu maegajar mengaji dan memberikan siraman rohani walaupun kami sadar kami belum menjadi orang yang sempurna tetapi berusaha menjadi sempurna hingga dilanjut sholat berjamaah di masjid yang cukup jauh dari posko sempet keinget untuk menuju masjid kami harus berjuang karena banyak anjing-anjing yang berdiri di pinggiran jalan yang sangat ramah ketika kami (aku, deris,novi,reni dan sri) lewat dengan langkah kaki kami yan lebar dan sambil melirik kami menatap kedepan tanpa menyapa balik anjing- anjing ramah.


        Malam-malam pun kegiatan masih berlanjut kadang kami gila- gilaan dengan keluar posko duduk di pinggir lapangan bulu tangkis sambil nyanyi-nyanyi sekaligus memberi semangat warga yang bertanding tak terasa hari makin larut saat nya kami melepas penat dengan masuk kamar dan bergegas untuk tidur tapi dikamar kami yang tadinya berjumlah 8 orang wanita untuk beberapa malam ini kami cuma berenam (dwi,ira,dian,reni,sri dan aku) karena dua orang lagi (deris dan novi) sedang pulang dengan alasan pekerjaan, maklum mereka anak-anak kuliahan yang udah berkesempatan bekerja sambil kuliah juga......"wah seneng nya coba kalo aku udh kerja juga" fikirku pada saat itu. 

        Kembali keaktivitas semula dengan jadwal yang cukup padat kami mengadakan perayaan maulid nabi yang menuntuk kami brerkreasi dengan mengdakan berbagai lomba diataranya lomba adzan, baca al quran, dll. serta tak ketinggalan mengundang penceramah kondang demi memberikan pencerahan kepada kami dan juga warga disana selain itu kurang rasanya kalo tak ada makanan temannya minum kami pun tak kehilangan akal berhubung jauh dari kota kami sepakat membuat makanan sendiri, tahu isi juga donat ala chef lebek sri..... ^_^. dengan dibantu seluruh kami kami mempersiapkan adonanya terlebih dahulu semua bahan sudah dicampur akhir nya didiamkan selama 7 jam menunggu datang nya pagi. pagi un telah datang tepat jam 5 pagi kami bergegas menelesaikan adonan donat kami semalam sontak reni berteriak "hah...... ngapo adonan ni tebelebek"   hingga pagi itu dapurpun ikut tertawa melihat adonan sudah keluar dari tempat nya.
tak terasa sudah sepanjang pagi kami menyaipkan semuanya alhamdulillah semua nya berjalan sesuai harapan.

        Jika ada awal pasti ada akhir, jika ada pertemuan pasti ada perpisahan ya..... inilah kehidupan tak terasa kami pun sudah berada didesa tersebut selama 40 hari inilah saatnya kami berpisah semua barang- barang sudah di packing sehingga sudah siap untuk pulang esok. malam sebelum kami kembali ke kampus tercinta kami pun ingin mengukir kenagan yang terindah akhirnya sepakat untuk mengadakan acara bakar ayam hingga segala kisah yang ada penuh canda berakhir pada pukul 2 pagi. tidur masih kurang tetapi inilah yang harus dilakukan berpamitan terutama pada bapak,ibu RT serta anak nya. air matapun tak mampu kami bendung meminta maaf jika ada kesalahan kami selama disana, berterimakasih atas kebaikan dan segalanya yang diberikan kapada kami. ketika kami selesai berpamitan kamipun naik bus yang sudah menunggu akhirnya KKN pun berakhir.......



"Terimaksih atas semua nya ku kan selalu ingat lembaran demi lembaran KKN ini"

Thanks viewers ^_^



   

       

No comments:

Post a Comment